Sunday, February 14, 2016

[Resep] Sup Daging


Sup daging merupakan masakan yang cukup sering dibuat dirumah saya. Terkadang dibuat untuk sarapan, apabila bosan dengan nasi goreng dan ada stok daging di rumah.

Pembuatannya cukup sederhana, dan walaupun bumbu yang dipakai terkesan banyak sebenarnya itu adalah jenis-jenis bumbu yang biasanya selalu tersedia di rumah. Jadi tidak perlu ragu untuk membuat sup ini. Proses yang cukup lama dilakukan adalah merebus daging hingga lunak. Sementara daging dilunakkan kamu bisa menyiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk masakan ini, Seperti mengupas wortel dan kentang, menghaluskan bumbu, menggoreng bawang, dll. Jadi cukup menghemat waktu daripada semua disiapkan di awal baru mulai memasak.

Penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak membuat sup ini bisa menghangatkan badan, cocok dimakan saat cuaca sedang dingin.


Bahan :

1/2 kg daging sapi, potong-potong sesuai selera
3 butir kentang, potong kotak-kotak agak besar
2 buah wortel, iris serong
4 siung bawang merah, iris
3 batang daun bawang (ambil daun dan batangnya), iris serong
4 batang seledri, iris kasar
1 batang kayu manis (kira-kira 10cm)
4 butir cengkeh
2 buah garda mungu (kapulaga)
2 buah pekak (bunga lawang)
1/2 sdt merica bubuk
2 liter air
5 sdm minyak goreng
Seujung sdt MSG/gula/1 butir tomat, potong  kotak besar (pilih yang anda suka)
Garam secukupnya.

Haluskan :
2 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
1/2 butir pala


Cara membuat:

1. Siapkan presto, didihkan air dengan api besar, masukkan daging. Kecilkan api dan tunggu hingga muncul buih-buih berwarna putih kecoklatan. Buang semua buih-buih tersebut.

2. Masukkan kayu manis, cengkeh, garda mungu, pekak, garam dan merica. Tutup presto dan besarkan api kompor, biarkan masak selama kurang lebih 25 menit (saya suka dagingnya agak lunak). Bila tidak menggunakan presto, masak daging sampai empuk kira-kira 2 jam.

3. Setelah 25 menit, buka tutup presto dan masukkan bumbu halus, kentang dan wortel. Gunakan api kecil saja di bagian ini.

4. Sambil menunggu sayurannya masak, panaskan minyak dan goreng bawang merah iris hingga agak kecoklatan, lalu masukkan daun bawang dan seledri. Aduk sebentar dan matikan api.
 
5. Setelah sayuran matang, masukkan penyedap (bisa diganti gula atau tomat), bawang goreng, daun bawang dan seledri beserta minyaknya.

6. Aduk, biarkan mendidih. Cicipi rasanya apakah garam dan bumbu sudah cukup. Matikan api.

7. Siap disajikan.


Untuk cabenya: ambil 1 sendok sayur kuah sup dan tambahkan 1/2 sdm cabe giling halus. Biarkan mendidih sebentar hingga aroma cabe melembut. Matikan api dan siap disajikan.



Untuk masakan ini saya terkadang menggunakan sedikit penyedap (seperti sasa, bukan yang penyedap rasa daging). Mungkin karena penggunaan bumbu yang komplit sehingga rasa yang dihasilkan cukup tajam di lidah dari awal hingga akhir. Saya ingin sedikit melembutkan rasa diujungnya dan tujuan ini bisa dicapai dengan menambahkan sedikit MSG. Sedikit saja, hanya seujung sendok teh atau sejumput saja. Bisa juga menggunakan tomat (pilih yang merah dan matang), masak bersamaan dengan bawang dan wortel.

Untuk yang terbisa menggunakan gula bisa menambahkannya untuk mendapatkan efek yang saya katakan tadi. Untuk saya, saya tidak terbiasa menggunakan gula dan kurang suka rasa manis yang diberikan pada masakan saya.


Resep bisa download di sini : Resep Sup Daging

No comments:

Post a Comment